Indikator pada Dashboard Mobil yang Wajib Anda Ketahui

Seberapa kenalkah Anda dengan tiap indikator yang berada pada dashboard mobil Anda? Cukup banyak orang yang tidak memahami hal tersebut meskipun sudah lama bisa mengendarai mobil. Padahal, meskipun terlihat sepele setiap indikator pada dashboard memiliki guna yang penting untuk kelangsungan berkendara Anda.

Oleh sebab itu, setelah berhasil dapatkan harga mobil bekas terbaik dari Mocil.id, pahami fungsi tiap indikator dashboard mobil berikut, yuk.

  1. Indikator check engine

Dengan simbol seperti tangki, indikator yang juga dikenal dengan istilah malfunction indicator lamp (MIL) ini pasti akan menyala ketika Anda akan menstarter mesin mobil. Setelah mesin menyala, lampu ini akan otomatis padam. Namun, jika indikator ini terus menyala artinya ada sesuatu yang tidak beres pada mesin mobil dan harus segera dicek.

  1. Indikator sabuk pengaman

Mobil-mobil keluaran terbaru umumnya memiliki sistem keamanan yang lebih ketat. Salah satu tandanya ialah kehadiran indikator sabuk pengaman (seatbelt) pada dashboard mobil. Saat sabuk belum dipasang sewaktu mobil dijalankan, indikator ini akan menyala dan mengeluarkan bunyi seperi beep. Tujuannya ialah memberi tahu pengendara bahwa ia atau penumpang di sebelahnya belum mengenakan sabuk pengaman.

  1. Indikator SRS

Indikator SRS memiliki simbol yang hampir mirip dengan indikator sabuk pengaman, yakni orang yang sedang duduk dengan garis melintang di depan badan. Bedanya, indikator SRS dilengkapi simbol berupa bulatan di depan badan. Penanda ini berarti mobil yang Anda beli sudah dilengkapi dengan airbag dan berfungsi dengan baik. Jika suatu ketika indikator ini menyala, berarti ada yang tidak beres dengan sistem airbag mobil Anda.

  1. Indikator suhu mobil

Dengan simbol seperti termometer, indikator satu ini biasanya berwarna biru ketika mesin mobil baru dinyalakan. Artinya adalah mesin dalam keadaan dingin. Namun bila indikator ini berubah menjadi warna merah, artinya mesin mengalami overheat atau kepanasan. Bila Anda berada dalam situasi ini, segera tepikan kendaraan Anda dan matikan mesin untuk mendinginkannya. Sebab mesin overheat bisa membahayakan pengalaman berkendara Anda.

  1. Indikator aki

 

Indikator aki memiliki simbol seperti baterai. Sebagai salah satu elemen terpenting di dalam mobil, keadaan aki perlu diperhatikan dengan baik. Aki mengontrol nyala komputerisasi kontrol mesin, radio, lampu, dan sistem lainnya. Jika aki kehabisan daya, indikator ini akan menyala untuk memberi tahu pengemudi bahwa salah satu sistem yang dikontrol aki tidak bekerja sempurna. Kalau sudah begini, segeralah cari bengkel untuk memperbaiki atau mengganti aki.

Itulah dia ulasan tentang fungsi indikator-indikator yang terdapat pada dashboard mobil.

Semoga informasi di atas berguna bagi Anda, ya.